-->

16 Tool Penting Dalam Corel Draw - KODE IT


 16 Tool Penting Dalam Corel Draw

  Pada toolbox terdapat berbagai peralatan untuk menggambar atau membuat
desain. Ikon-ikon yang tampil hanyalah sebagian dari yang ada. Untuk melihat
ikon-ikon yang tersembunyi, klik pada ikon yang ada tanda segitiga.


1. Pick Tool
   Untuk menyeleksi, mengubah ukuran, dan juga memutar arah objek gambar.

2. Shape Edit
   a. Shape : Menyunting bentuk objek gambar.
   b Smudge Brush : Mengubah / mendistorsi keseluruhan gambar dengan
       menarik garis tepinya.
   c. Roughen Brush : Mengubah / mendistorsi keseluruhan outline
       bentuk gambar dengan menarik garis tepinya.
   d. Free Transform Tools : Mengubah objek gambar menggunakan
       rotasi(pemutaran posisi) bebas, rotasi sudut, mengubah ukuran
       dan juga memiringkan bentuk gambar.

3. Crop Tool
    a. Crop : Menghilangkan bagian yang tidak diinginkan dalam objek.
    b. Knife : Mengubah / mendistorsi keseluruhan gambar dengan menarik
        garis tepinya.
    c. Erase : Menghapus area dalam gambar.
    d. Virtual Segment Delete : Menghapus suatu bagian
        objek yang berada dalam persinggungan(interseksi).

4. Zoom
    a. Zoom : Mengubah perbesaran gambar dalam jendela gambar.
    b. Hand : Mengatur bagian gambar yang tampil di dalam jendela gambar.

5. Curve
    a. Freehand : Menggambar segmen atau kurva dalam bentuk garis tunggal.
    b. Bezier : Menggambar kurva dalam bentuk garis tunggal per titik (node).
    c. Artistic Media Tool : Memunculkan fungsi pembuat bentuk(pena),
        seperti brush(efek kuas dengan pola pulasan tertentu), Sprayer(efek
        cat semprot), Calligraphic(efek pena kaligrafi), dan Pressure(efek
        pena teknik yang akan membentuk garis tepi tanpa lengkung).
    d. Pen : Menggambar kurva dalam sebuah segmen pertitik(node).
    e. Polyline : Menggambar garis dan kurva dalam modus preview.
     f. 3 Point Curve : Menggambar kurva dengan menentukan titik awal
        dan akhir, lalu titik pusat kurva.
     g. Interactive Connector : Menggabungkan dua objek dengan sebuah garis.
     h. Dimension : Menggambar garis secara vertical, horizontal, bersudut, dan
         miring.

6. Smart Tools
     a. Smart Fill : Untuk menciptakan objek dari sebuah area lalu
         mengisikannya dengan warna atau tekstur.
     b. Smart Drawing : Untuk mengubah coretan pointer yang anda
         gambar ke bentuk dasar atau bentuk yang wujudnya lebih halus.

7. Rectangle
     a. Rectangle : Untuk membentuk segi dan kotak.
     b. 3 Point Rectangle : Untuk membentuk segi dan kotak dengan
         menyusunnya per titik.

8. Ellipse
     a. Ellipse : Untuk menggambar elips dengan lingkaran.
     b. Hand : Mengatur bagian gambar yang tampil di dalam jendela gambar.

9. Object
     a. Polygon : Untuk membentuk polygon dan bintang secara simetris.
     b. Star : Untuk membentuk bintang.
     c. Complex Star : Untuk membentuk bintang dengan bentuk yang
         lebih kompleks dengan persinggungan sudut.
     d. Graph Paper : Untuk membentuk serupa tabel atau susunan kotak-kotak
         seperti pada kertas gambar teknik.
     e. Spiral : Untuk membentuk spiral (per) secara simetris dan logaritmis.

10. Perfect Shapes
     a. Basic Shapes : Menyediakan aneka bentuk jadi seperti segidelapan,
         smiley face, hingga segitiga.
     b. Arrow Shapes : Untuk memudahkan menggambar bentuk tanda panah
         dengan aneka variasi bentuk, arah, dan jumlah kepala panah.
     c. Flowchart Shapes : Untuk memudahkan menggambar bentuk
          flowchart(bagan).
     d. Banner Shapes : Untuk memudahkan menggambar bentuk pita dan
symbol ledakan.
     e. Callout : Untuk memudahkan menggambar bentuk balon bicara dan
label.

11. Text Tool : Untuk membuat teks langsung di area gambar baik yang
berfungsi sebagai teks artistic maupun paragraph.



12. Interactive Tools
      a. Interactive Blend : Untuk membentuk segi dan kotak
      b. Interactive Contour : Untuk membentuk segi dan kotak dengan
          menyusunnya per tit
      c. Interactive Distortion : Untuk mendistorsi objek secara push/pull,
zipper, dan twister.
      d. Interactive Drop Shadow : Untuk menyisipkan bayangan ke dalam
objek.
      e. Interactive Envelope : Untuk mengubah bentuk objek dengan menarik
titik(node) pada outline.
       f. Interactive Extrude : Untuk membentuk ilusi kedalaman pada objek.
      g. Interactive Transparency : Untuk menyisipkan efek transparan pada
objek.

13. Eyedropper
       a. Eyedropper : Untuk menyeleksi dan menyalin property yang terkait dari
sebuah objek, seperti warna(isi dalam objek), garis, ketebalan garis,
ukuran, dan efek.
        b. Paintbucket : Untuk menerapkan property yang terkait dari sebuah
            objek, seperti warna(isidalam objek), garis, ketebalan garis, ukuran, dan
efek; yang diambil lewat eyedropper tool, ke objek lainnya.

14. Outline
        a. Outline Pen Dialog : Untuk mengakses boks dialog outline pen.
        b. Outline Color Dialog : Untuk mengakses boks dialog pengaturan warna
outline.
        c. No Outline : Untuk menghilangkan outline dari sebuah objek.
        d. ½ Point Outline : Untuk membentuk ketebalan garis ½ point.
        e. 1 Point Outline : Untuk membentuk ketebalan garis 1 point.
        f. 2 Point Outline : Untuk membentuk ketebalan garis 2 point.
        g. 8 Point Outline : Untuk membentuk ketebalan garis 8 point.
        h. 16 Point Outline : Untuk membentuk ketebalan garis 16 point.
        i. 24 Point Outline : Untuk membentuk ketebalan garis 24 point.
        j. Color Docker Window : Untuk membuka docker untuk pengaturan
warna dan outline objek.

15. Fill Tools
       a. Fill Color Dialog : Untuk mengakses boks dialog pengaturan cat(pengisi
bagian dalam objek) dari sebuah objek.
       b. Fountain Fill Dialog : Untuk mengakses boks dialog pengisi warna dan
gradasi ke dalam objek.
       c. Pattern Fill Dialog : Untuk mengakses boks dialog pengisi pola ke
dalam objek.
       d. Texture Fill Dialog : Untuk mengakses boks dialog pengisi tekstur ke
dalam objek.
       e. Post Script Fill Dialog : Untuk mengakses boks dialog pengisi gambar
post-script ke dalam objek.
        f. No Dialog : Untuk menghilangkan unsur pengisi dari sebuah objek.
        g. Color Docker Window : Untuk membuka docker untuk pengaturan
warna dan outline objek.
16. Interactive Fill
       a. Interactive Fill : Untuk mengisi aneka fill(pengisi objek) ke dalam
sebuah objek.
       b. Interactive Mesh : Untuk menerapkan garis-garis jejaring pada objek.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel